Cara memperbaiki persahabatan yang putus


Cara memperbaiki persahabatan yang putusPersahabatan memang tidak selamanya selalu terjalin dengan baik, kadang pernah bertengkar atau berselisih karena perbedaan pendapat atau dapat disebabkan hal lain. Ketika persahabatan anda sedang tidak baik hingga memunculkan pertengkaran. Maka anda harus memperbaiki persahabatan yang retak tersebut dengan banyak cara. Salah satunya yakni dengan mengingatkan diri anda bahwa pertengkaran bukanlah akhir dari persahabatan.

Dengan adanya sahabat dalam kehidupan kita, membuat suasana hati menjadi ceria dan semua nya menjadi lebih mudah. Persahabatan yang bagus adalah persahabatan yang selalu bersama dalam keadaan suka maupun duka. Tali persahabatan yang sudah terjalin lama bisa saja pecah atau putus karena adanya penyakit hati diantara kedua belah pihak sehingga menyebabkan keduanya saling berjauhan.

Persahabatan yang terjalin kuat dan tahan lama juga bisa saja retak dengan cepat hanya karena sebuah perselisihan atau masalah sepele. Sangat disayangkan jika persahabatan yang sudah terjalin lama harus putus begitu saja, pasti akan merasa menyesal antara keduanya. Untuk mengetahui cara-cara agar persahabatan yang telah putus dapat bersama kembali maka anda melihat beberapa informasi yang kami sajikan berikut ini.

• Meminta maaf
Minta maaf merupakan satu cara yang ampuh dalam memperbaiki sebuah hubungan yang rusak, jangan melewatkan cara termudah ini. jika tidak ada perkataan maaf dari salah satu pihak maka ia akan menganggap bahwa anda merupakan orang yang keras kepala dan angkuh, maka anda dapat membuktikan bahwa anda adalah orang baik dengan mengatakan maaf dan anda menyesal telah bertengkar. Minta maaf merupakan kata sederhana yang dapat dijadikan batu loncatan anda untuk kembali menjalani hubungan persahabatan.

• Bertanya apa yang telah terjadi sebenarnya
Jika anda tidak mengetahui dengan jelas apa sebenarnya permasalahan yang terjadi diantara persahabatan itu maka anda dapat meminta klarifikasi tentang apa yang terjadi diantara keduanya. Bisa jadi mungkin awal mula kerusakan karena dia merasa agak terganggu dengan sifat anda namun dia tidak berani mengungkapkan dan dia merasa ini adalah kesempatan terbaik untuk memperbaiki hubungan persahabatan kembali.

• Menunjukkan rasa kehilangan
Mungkin saja teman anda tidak tahu bahwa anda sedang merindukannya, maka dengan menunjukkan rasa kehilangan sangat penting untuk menyampaikannya. Sampaikan ketika anda bertemu dengannya dan beritahu betapa anda merasa kehilangan, merasa kangen masa-masa kehabisan waktu serta melakukan semua kegiatan secara bersama-sama. Maka ia akan merasakan hal yang sama dnegan anda dan dapat memperbaiki masalah yang menjadi putusnya persahabatan.

• Beri waktu untuk sendiri
Sebelum anda berniat untuk menyapa dan memperbaiki hubungan maka ada baiknya jika anda memberi waktu beberapa hari karena waktu juga dapat menyembukan beberapa luka. Setelah beberapa waktu maka teman akan datang ketika siap untuk berbicara dengan anda lagi. Berikan waktu beberapa hari untuk mendinginkan kepala diantara kedua belah pihak kemudian tanyakan apakah masih ada masalah yang mengganjal dalam benak keduanya.

Baca juga: Cek Kepribadian Wanita dari Cara Memasak

• Coba ingatkan masa indah bersama
Dengan mengingatkan kenangan indah dan bahagia saat bersama, maka kalian akan merasa betapa hebatnya anda dan dia ketika sedang bersama. Beberapa kenangan indah dari anda dan dia berpetualang bersama maka akan membuat dia sadar bahwa persahabatan kalian tidaklah mudah diputuskan dan harus selalu bersama.

• Mengirim pesan di facebook
Cobalah dengan menghubungi sahabat secara online, hal ini mudah dilakukan dengan mencoba mulai dengan menanyakan kabar lalu bercerita tentang kesibukan anda saat ini dan kenapa anda tidak berani menghubunginya selama ini. anda dapat menanyakan balik kesibukan dan kegiatan apa yang sedang dilakukan sahabat anda. setelah melalui media sosial anda dapat segera menyusun jadwal pertemuan ketika percakapan anda di facebook sudah sering dilakukan, hal ini bertujuan untuk mempererat kembali hubungan persahabatan dan menjaga agar tidak putus kembali.

• Jangan biarkan gengsi menghambat persahabatan
Jangan hiraukan rasa gengsi untuk meminta maaf pada sahabat anda, langsung tanyakan dengan jujur tentang permasalahan yang sebenarnya terjadi dan hal apa saja yang membuat sahabat anda tidak ingin melanjutkan persahabatan ini. maka dengan begitu anda dapat berpikir bagaimana cara untuk memperbaiki luka yang dialami oleh sahabat anda dulu.

• Ngobrol di telepon
Dengan mendengarkan suara sahabat anda dapat menjadi salah satu cara untuk memperbaiki hubungan pertemanan. Jika anda memiliki jadwal yang padat maka dapat mengirimkan pesan terlebih dahulu, dengan menjadwalkan waktu untuk saling mengobrol di telepon pada saat waktu luang. Hal ini mungkin akan aneh ketika awal bertelepon setelah sekian lama tidak saling memberikan kabar. Namun seiring berjalannya waktu maka hati sahabat anda akan luluh bersama permintaan maaf anda.

• Melakukan kebaikan
Lakukan hal-hal kecil yang dapat membuat sahabat anda merasa senang, misalnya dengan mengirimkan bingkisan atau hadiah kecil untuk dia. Mungkin kesannya anda akan sok baik atau berlebihan ketika melakukan kebaikan tersebut namun hal tersebut dapat melelehkan hati dia. Anda dapat mengirimkan melalui perantara dan jangan langsung datang kerumahnya karena sahabat anda masih marah dan tidak suka dengan kedatangan anda. bisa jadi malah timbul masalah baru dan tidak memperbaiki hubungan persahabatan yang telah putus.

• Mengajak ke suatu acara
Jika anda sedang memiliki kelebihan tiket misalnya tiket nonton di bioskop, nonton konser, atau acara lain yang disukai oleh sahabat anda. maka cobalah untuk mengajaknya dalam acara tersebut. Melalui sebuah acara maka pertemuan anda dan dia akan lebih menyenangkan jika dibandingkan harus bertamu secara pribadi yang dapat menimbulkan suasana canggung antara keduanya. Obrolan yang muncul tidak begitu serius mungkin hanya membicarakan seputar acara yang sedang anda dan dia kunjungi.

• Jangan mengabaikan dia
Suatu saat teman anda mungkin akan mengirim pesan atau menelepon anda, maka anda tidak boleh mengabaikannya meskipun saat itu mungkin anda dan dia masih merasa sakit hati namun harus tetap lapang dada menerimanya. Pada dasarnya memang setiap orang tidak suka jika diabaikan terutama oleh orang yang pernah bersahabat dengan kita. Tanggapilah apa yang dia katakan ketika sedang menghubungi anda. anda dapat memulai persahabatan kembali secara perlahan seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Cara Mendeteksi Kebohongan dengan Mudah

• Mengirim kartu ucapan
Salah satu hal romantis yang bisa anda tunjukkan pada sahabat ketika sedang bertengkar adalah mengirim kartu ucapan yang dapat menjadi kejutan yang mungkin tidak akan disangka oleh sahabat anda. setelah berpisah terlalu lama, cobalah sesekali mengirim kartu ucapan yang berisi ucapan maaf atau kata-kata manis yang dapat meruntuhkan hati sahabat anda. anda bisa meminta waktu luang untuk segera bertemu dan memecahkan masalah yang ada. Tunggu hingga dia membalas kartu ucapan anda.

• Tinggalkan masalah di masa lalu
Setelah anda meminta maaf dan maaf telah diterima maka anda dan dia harus sama-sama melupakan masalah yang pernah terjadi dan melanjutkan kehidupan persahabatan bersama, jika anda terus mengungkit masalah yang telah terjadi, justru akan menimbulkan percecokan. Berfokuslah pada hal-hal yang membuat hati senang maka pelan-pelan persahabatan akan kembali seperti dulu. Kepercayaan diantara anda dan dia lama-kelamaan akan semakin kuat dan tidak ada lagi yang bisa memisahkan.

Itulah beberapa informasi tentang cara memperbaiki persahabatan yang putus. Semoga artikel ini bermanfaat

Baca juga artikel kami sebelumnya: Tips menghilangkan rasa cinta pada sahabat sendiri.

Please follow and like us:
0