Cara Mendeteksi Kebohongan dengan Mudah


Cara Mendeteksi Kebohongan Dengan MudahTidak ada orang yang suka dibohongi, begitu kata Dylan di film Dylan 90. Oleh karena itu bagaimana cara mendeteksi kebohongan dengan mudah?. Kejujuran merupakan salah satu sifat mulia yang mana menjadi semakin langka di jaman modern sekarang ini karena saat ini kebohongan akan lebih sering Anda temukan. Kebohongan sendiri adalah salah satu bentuk perbuatan yang buruk karena dengan berbohong maka akan menutupi kebenaran, selain itu tentu saja tidak ada orang di dunia ini yang mau dibohongi. Jika Anda dibohongi oleh seseorang maka tentu saja Anda akan menjadi merasa kesal, marah, kecewa dan juga merasa tertipu.

Kebohongan sendiri sebenarnya akan merugikan kedua belah pihak, baik pihak yang dibohongi maupun pihak yang berbohong itu sendiri, pihak yang dibohongi akan merasa kecewa sedangkan pihak yang berbohong tidak akan mendapatkan kepercayaan. Di dunia barat sendiri dikenal istilah white lies atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti berbohong demi kebaikan, meskipun begitu tetap saja berarti akan menutup fakta yang sebenarnya, berikut ini akan kami ulas beberapa cara mudah untuk mendeteksi kebohongan.

Cara Mendeteksi Kebohongan Dengan Mudah

1. Perhatikan Posisi Kepala
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi kebohongan dengan mudah adalah dengan memperhatikan posisi kepala dari lawan bicara Anda, hal ini penting untuk Anda perhatikan karena pada umumnya orang yang sedang melakukan kebohongan akan cenderung untuk banyak mengubah posisi kepalanya seperti menunduk atau memiringkan kepalanya karena merasa gugup.

2. Menarik Nafas Dalam
Cara kedua yang juga bisa Anda lakukan untuk mendeteksi kebohongan adalah dengan memperhatikan apakah lawan bicara Anda sering menarik nafasnya dalam – dalam. Pada umumnya orang yang sedang menceritakan suatu kebohongan akan merasa gugup sehingga mereka akan mencoba untuk menenangkan dirinya dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah menarik nafas dalam – dalam.

3. Gerak Tubuhnya Kaku
Orang yang sedang melakukan suatu kebohongan biasanya akan memiliki gerakan yang kaku pada saat berbicara, hal ini dikarenakan mereka tidak ingin Anda mengetahui sesuatu yang mencurigakan darinya. Namun gerakan tubuh yang kaku ini justru akan memudahkan Anda untuk menangkap adanya hal yang tidak beres, oleh karena itu Anda bisa memancingnya dengan pertanyaan lain.

4. Banyak Mengulang Perkataan
Salah satu hal yang bisa Anda deteksi dari orang yang sedang menceritakan suatu kebohongan adalah mereka banyak mengulang perkataan yang sama. Pada umumnya seseorang yang sedang berbohong akan cenderumg mengulang – ulang perkataan mereka karena mereka berpikiran bahwa dengan mengulangi perkataan tersebut maka orang yang sedang dibohongi akan percaya dengan kebohongan tersebut.

5. Jawaban Yang Memutar
Memberi jawaban yang memutar – mutar menjadi salah satu ciri dari orang yang sedang melakukan suatu kebohongan, pada saat Anda bertanya mengenai suatu hal biasanya mereka yang berbohong akan menjawab secara berputar – putar atau tidak to the point. Hal ini justru akan membuat Anda mudah mendeteksi kebohongan mereka karena tentu saja Anda akan curiga dan menggali informasi lebih dalam.

Apabila Anda tidak ingin menjadi korban kebohongan maka Anda bisa mempraktekkan beberapa cara di atas untuk mendeteksi kebohongan.

Artikel kami sebelumnya: Cara menghilangkan sifat cemburuan pada pasangan.

Please follow and like us:
0