Ciri-ciri Wanita Hamil Bayi Kembar

Ciri-ciri Wanita Hamil Bayi Kembar

Hamil Bayi Kembar

Ciri-ciri Wanita Hamil Bayi Kembar – Kehamilan kembar tentu sangat membahagiakan dan kerap diharapkan banyak pasangan. Bayi kembar juga memberikan tanda-tanda khusus pada ibu hamil. Pasalnya perubahan hormon yang dua kali lipat lebih banyak akan memberikan ciri khusus yang sangat nampak. Maka dari itu dilihat dari apa yang nampak di luar saja ibu yang mengandung bayi kembar sudah bisa diidentifikasi. Selain itu dari segi pemeriksaan medis bayi kembar juga memberikan beberapa pertanda yang sangat jelas.

Seperti perubahan kadar HCG yang lebih tinggi. Karena mengalami kehamilan kembar tentu saja gejala umum hamil tunggal dirasa dua kali lipat lebih banyak. Jika biasanya morning sickness dirasa masih normal namun pada kehamilan kembar rasanya lebih parah dan bahkan membuat ibu hamil mengalami perawatan intens. Banyak ciri ibu hamil bayi kembar yang bisa diketahui dan selengkapnya akan kami ulas lebih di rangkuman berikut ini.

Berbagai Ciri Wanita Hamil Bayi Kembar

1. Kadar HCG lebih tinggi

Salah satu ciri paling mudah dikenali pada kehamilan kembar adalah melalui pemeriksaan kadar HCG atau human chrionic gonadotropin. Peningkatan kadar hormon tersebut sangat signifikan karena kehamilan kembar. Biasanya ibu hamil akan melalui pemeriksaan kadar HCG dan jika kadarnya lebih tinggi dari kehamilan pada umumnya bisa menjadi pertanda awal kehamilan kembar.

Kadar HCG biasanya diukur dalam satuan mIU/ml (milli International Unit per milli liter). Untuk kadar HCG yang normal selama hamil biasanya diukur sesuai masa kehamilan. Kadar paling rendah bagi ibu hamil adalah 5 mIU/ml dan akan terus bertambah sesuai dengan umur kehamilan. Pada usia kehamilan 25-40 minggu kadar HCG sekitar 3.640 s.d 117.000 mIU/ml. Jika kadar HCG anda melebihi standar maka kemungkinan anda hamil bayi kembar.

2. Mual dan muntah berlebihan

Biasanya mual dan muntah umumnya dialami pada awal-awal kehamilan. Pada kehamilan tunggal gejala tersebut akan hilang ketika sudah finish di trimester awal. Namun karena perubahan hormon bawaan bayi kembar yang lebih besar, intensitas mual dan muntahnya juga lebih parah. Bahkan banyak ibu hamil yang memerlukan perawatan intensif karena mual dan muntah yang berlebihan.

3. Ukuran perut lebih besar pada awal kehamilan

Pada umumnya ciri-ciri kehamilan kembar juga bisa dideteksi dengan melihat bentuk dan ukuran perut. Perkembangan janin kembar akan mendorong ukuran perut ibu hamil. Sang ibu akan mengalami kenaikan berat badan signifikan. Pada umumnya kenaikan signifikan ini dideteksi pada trimester kedua namun pada kehamilan kembar kenaikan berat badan bisa dideteksi sejak trimester awal.

4. Payudara terasa sakit

Ciri-ciri ibu hamil kembar diliha dari ciri fisik adalah payudara terasa sakit. Biasanya rasa nyeri pada payudara terjadi pada awal kehamilan. Namun ketika mengandung bayi kembar rasa sakit pada bagian tersebut akan berlanjut terus menerus. Payudara akan terasa sangat penuh dan lebih bengkak. Agar ibu hamil tetap merasa nyaman perlu mengenakan pakaian yang sifatnya lembut sehingga bisa mengatasi nyeri tersebut.

5. Kram rahim lebih kuat

Kram pada rahim merupakan hal yang umum terjadi. Namun pada kehamilan kembar rasa nyeri akibat kram lebih kuat. Kram rahim terjadi karena organ tubuh tersebut mengalami perkembangan. Dan pada kehamilan kembar perkembangan rahim menjadi sangat cepat. hal ini akan membuat rasa nyeri pada rahim sangat dominan. Namun jika kram disertai perdarahan dan bercak sebaiknya segera periksa ke dokter.

Nah, itu dia beberapa ciri-ciri wanita yang sedang hamil bayi kembar yang dapat anda identifikasi. Jika terdapat ciri-ciri diatas pada kehamilan anda, bisa jadi ada kemungkinan anda sedang hamil bayi kembar. Semoga bermanfaat.

Baca artikel kami yang lain: Ciri-ciri ibu hamil mengandung bayi perempuan.

Please follow and like us:
0