Empat Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

penyebab kaki bengkak saat hamilPenyebab Kaki Bengkak Saat Hamil – Hamil merupakan saat yang ditunggu – tunggu oleh setiap pasangan karena hal tersebut menandakan bahwa sebentar lagi mereka akan mendapatkan keturunan. Meskipun kehamilan merupakan kabar yang sangat membahagiakan, namun terkadang para ibu yang sedang hamil juga merasakan kondisi yang tidak nyaman pada tubuhnya. Salah satu kondisi yang sering dialami oleh para ibu yang sedang hamil adalah terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu yang biasa disebut dengan edema. Sehingga perlu sekali mengetahui empat penyebab kaki bengkak saat hamil yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Edema bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh pada saat sedang hamil, salah satu bagian tubuh yang sering mengalami pembengkakan adalah bagian kaki. Kondisi kaki yang bengkak tentu saja akan membuat para ibu menjadi tidak nyaman sehingga mereka akan terganggu dalam melakukan aktivitasnya sehari – hari. Saat ini Anda sudah bisa menemukan berbagai macam cara untuk mengatasi kaki bengkak pada saat hamil, namun tahukah Anda apa penyebab kaki bengkak saat hamil, jika Anda penasaran maka simaklah ulasan yang akan kami sampaikan berikut.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

1. Beban Yang Berat

Penyebab pertama kaki bengkak pada saat masa kehamilan adalah beban yang berat, pembengkakan pada bagian kaki bisa saja diakibatkan oleh kaki yang menerima beban yang lebih berat dibandingkan dengan sebelumnya. Seperti yang Anda ketahui bahwa pada saat para ibu sedang dalam masa kehamilan maka berat badan mereka akan meningkat secara drastis dikarenakan adanya janin yang terus mengalami pertumbuhan dan juga perkembangan selama sekitar 9 bulan.

2. Banyak Cairan di Kaki

Banyaknya cairan di kaki menjadi penyebab kedua dari kaki yang mengalami pembengkakan pada saat hamil, seperti yang bisa Anda lihat bahwa pada saat hamil maka perut seorang wanita akan semakin membesar karena adanya janin yang sedang berkembang di dalam rahimnya. Membesarnya rahim tersebut akan bisa mengakibatkan cairan tertimbun di bagian kaki dengan jumlah hingga 30 persen lebih banyak sehingga akan membuatnya bengkak.

3. Aliran Darah Tidak Lancar

Aliran darah yang tidak lancar menjadi penyebab ketiga mengapa kaki mengalami pembengkakan pada saat masa kehamilan, perlu Anda ketahui bahwa pada masa kehamilan sedang berlangsung maka pembuluh darah balik yang ada di bagian kaki bisa mengalami penyumbatan sehingga aliran darah akan terhambat. Pembuluh darah yang tersumbat itu membuat aliran darah ke jantung menjadi terganggu, selain itu juga akan menyebabkan pembengkakan pada kaki.

4. Kurang Bergerak

Penyebab keempat dari kaki bengkak yang biasanya terjadi pada masa kehamilan adalah dikarenakan kurang bergerak, para ibu yang  usia kandungannya sudah mencapai 24 minggu ke atas pada umumnya akan malas bergerak karena bobot kandungannya sudah mulai dirasakan. Hal ini akan mengakibatkan aliran darah di bagian kaki menjadi tidak lancar sehingga akan membuat kaki menjadi bengkak, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa melakukan senam kehamilan.

Bagi para ibu yang sedang hamil biasanya akan terjadi pembengkakan di bagian kaki yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas sehari – hari.

Baca artikel yang lain: Ciri-ciri Wanita Hamil Bayi Kembar.

Please follow and like us:
0