Ini Dia Perkembangan Janin Usia Kehamilan 9 Bulan Yang Harus Diketahui

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 9 BulanAnda sudah pasti senang jika melihat perkembangan janin anda sehat pada usia kehamilan 9 bulan. Karena memasuki usia kehamilan 9 bulan merupakan hal yang menakjubkan. Pasalnya janin sudah memasuki fase perkembangan yang sempurna. Secara keseluruhan bentuk janin sudah sempurna berupa bayi dan posisinya pun sudah mulai turun dari rahim. Namun untuk mengetahui keadaan janin pada usia kehamilan 9 bulan lebih lanjut anda memerlukan beberapa poin khusus terkait perkembangan janin di fase kehamilan tersebut. Normalnya janin pada usia kehamilan 9 bulan mulai dari wajah, jaringan kulit dan otak sudah berkembang secara pesat.

Selain itu posisi dan kepala janin juga sudah mengalami perubahan yang signifikan. Anda wajib tahu perkembangan janin di usia kehamilan 9 bulan. Pasalnya dengan hal tersebut anda bisa tahu lebih awal kalau-kalau terjadi perkembangan yang tidak diharapkan. Selain itu dengan melihat perkembangannya anda pun sudah mulai bersiap melakukan persalinan. Berikut ini kami berikan ulasan lebih lanjut untuk apa saja perkembangan janin usia 9 bulan yang bisa anda ketahui.

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 9 Bulan

1. Jaringan kulit tumbuh sempurna
Pada fase usia kehamilan 9 bulan janin sudah memiliki jaringan kulit yang sempurna dari ujung kepala sampai denan ujung kaki. Biasanya bentuk kulit janin pada fase sebelumnya masih berbentuk transparan karena mengalami proses penyempurnaan. Namun ketika memasuki fase mendekati hari lahirnya kulit janin sudah sempurna dan tidak se-transparan sebelumnya.

2. Otak berkembang pesat
Salah satu ciri paling umum pada janin usia kehamilan 9 bulan adalah perkembangan otak yang lebih pesat. Janin akan mengalami perkembangan yang pesat pada sel syarafnya. Biasanya perkembangan otak ini tidak hanya berakhir didalam kandungan saja namun akan terus berlangsung hingga usia anak 2 tahun. Inilah yang disebut sebagai periode emas anak-anak.

3. Antibodi janin sempurna
Janin pada usia kehamilan 9 bulan sudah memiliki antibodi yang sempurna. Antibodi alami ini berfungsi melindungi janin dari berbagai infeksi, penyakit berbahahaya dan berbagai virus lainnya ketika sudah dilahirkan. Ada yang sudah cukup dengan tidak memberikan vaksin tambahan ketika bayi dilahirkan namun ada pula yang memberinya vaksin tergantung kondisi lingkungan dan kesehatan bayi.

4. Perubahan posisi kepala
Fase kehamilan 9 bulan makin matang dengan ditandai perubahan posisi kepala. Kepala janin sudah tidak berubah-ubah lagi dan masuk ke lubang panggul. Ini merupakan pertanda bahwa janin sudah siap dilahirkan. Semakin mendekati kelahiran, posisi bayi akan semakin turun sehingga memengaruhi bentuk perut ibu hamil.

5. Terdapat 5 lempengan tulang
Perkembangan janin usia kehamilan 9 bulan bisa diidentifikasi dengan adanya tengkorak janin yang tidak mengeras. Masih terdapat ruang pemisah antar kepalanya. Ruang pemisah ini nantinya akan mengalami pengerutan ketika melewati jalan lahir. Dan akan mengeras secara alami dan berubah ke bentuk semula ketika kembali ke bentuk semula. Panjang janin juga sudah masuk ke ukuran 48 cm dengan berat normal 2,9 sampai 3 KG.

Itu dia beberapa penjelasan tentang apa saja perkembangan janin usia kehamilan 9 bulan. Semoga bermanfaat menambah informasi untuk anda.

Baca artikel kami sebelumnya: Perkembangan Janin usia kehamilan 3 bulan.

Please follow and like us:
0