Manfaat Asparagus untuk Ibu Hamil

manfaat asparagus untuk ibu hamilKali ini kita akan membagikan informasi tentang manfaat asparagus untuk ibu hamil. Asparagus, tentunya Anda sudah pernah mendengar nama ini, asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang biasa dikonsumsi. Jenis sayuran yang satu ini merupakan bagian batang yang masih muda dari tanaman Asparagus officinalis. Asparagus sendiri sudah lama dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki rasa yang lezat. Di Indonesia sendiri, asparagus mungkin tidaklah sepopuler jenis sayuran yang lainnya karena asparagus biasanya tidak dijual di pasar tradisional melainkan di supermarket.

Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan berbagai vitamin dan juga mineral seperti misalnya vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, fosfor, kalium, tembaga, dan sebagainya. Selain itu asparagus juga dikenal sebagai sayuran yang rendah kolesterol namun sangat kaya akan kandungan asam folat nabati sehingga sangat baik untuk kesehatan. Asparagus juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu yang sedang hamil karena memiliki berbagai macam manfaat, berikut ini ulasan selengkapnya.

Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil

1. Membantu Pembentukan Sel Baru
Manfaat asparagus yang pertama bagi ibu yang sedang hamil adalah mampu membantu proses pembentukan sel baru bagi janin di dalam kandungan. Hal ini dikarenakan asparagus merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan asam folat tinggi. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa pada 5 batang asparagus ternyata memiliki kandungan sekitar 100 mikro gram asam folat.

2. Menangkal Radikal Bebas
Manfaat kedua yang bisa didapatkan dari asparagus bagi ibu yang sedang hamil adalah bisa membantu menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan asparagus memiliki kandungan zat glutathion. Zat yang satu ini ternyata memiliki fungsi sebagai antioksidan yang mana akan berperan penting untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh sehingga hal ini juga akan bisa mencegah kerusakan DNA pada janin yang sedang berada di dalam kandungan.

3. Menjaga Saluran Pencernaan
Manfaat asparagus yang ketiga bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Jenis sayuran yang satu ini diketahui memiliki kandungan zat inulin. Zat yang satu ini akan sangat baik bagi ibu yang sedang hamil karena akan mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan juga memiliki kandungan bakteri yang baik bagi kesehatan tubuh.

4. Membantu Perkembangan Janin
Manfaat keempat yang juga bisa didapat dari asparagus bagi ibu yang sedang hamil adalah bisa membantu proses perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Hal ini dikarenakan asparagus juga merupakan sayuran yang kaya akan kandungan kalsium yang mana jenis mineral ini akan sangat baik dalam membantu perkembangan janin yang masih berada di dalam rahim ibunya.

5. Meningkatkan Imun
Manfaat kelima yang juga bisa Anda dapatkan dari sayuran asparagus adalah bisa meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh. Asparagus sendiri sudah lama dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga akan mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mana akan sangat baik untuk dikonsumsi oleh para ibu yang sedang hamil.

Asparagus merupakan jenis sayuran yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi para ibu hamil karena memiliki berbagai manfaat yang telah diulas di atas.

Baca artikel kami yang lain: Manfaat jambu biji untuk ibu hamil.

Please follow and like us:
0