Menakjubkan Perkembangan Janin Usia Kehamilan 3 Bulan

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 3 BulanPerkembangan Janin Usia Kehamilan 3 Bulan – Fase trimester awal merupakan fase perkembangan jaringan tubuh dan struktur tulang bayi. Pada periode kehamilan usia 3 bulan ini pula janin sudah mulai menandakan pergerakan yang halus. Bagi orang tua wajib tahu apa saja perkembangan janinnya di fase kehamilan 3 bulan. Pasalnya di periode ini merupakan masa-masa ringkih yang berpengaruh pada perkembangan janin. Dengan mengetahui perkembangan janin secara rinci tentunya anda akan tahu mana saja ciri pertumbuhan janin yang normal sesuai usia kehamilannya.

Pada usia 3 bulan janin sudah mulai nampak dan tumbuh secara signifikan. Dari embrio akan berubah menjadi janin kecil yang mulai terlihat bentuk wajah, jari, kuku hingga organ kelaminnya. Anda wajib memeriksakan diri secara rutin ke dokter dan mengidentifikasi perkembangan janin di fase 3 bulan ini. Apa saja fase perkembangan janin di usia kehamilan 3 bulan ini. Berikut kami ulas beberapa hal yang terjadi pada janin di usia kehamilan 3 bulan.

Perkembangan Janin pada Kehamilan Usia 3 Bulan

1. Bagian wajah sudah terbentuk
Pada usia kehamilan 3 bulan bentuk wajah janin sudah mulai terbentuk. Janin sudah memiliki mata, mulut, hidung dan organ wajah lainnya. ketika melakukan pemeriksaan USG sudah mulai nampak bentuk organ wajah tersebut. bakal gigi sebanyak 32 macam juga mulai tumbuh secara permanen.

2. Perkembangan jari
Perkembangan selanjutnya juga bisa diidentifikasi melalui jari jemarinya. Janin sudah memiliki jari dengan bakal kuku kecilnya. Kuku tangan dan kakinya sudah terbentuk secara sempurna. Bentuk tangan dan kaki sudah mulai nampak dan bisa menjadi pertanda janin tumbuh sehat di fase tersebut.

3. Alat kelamin sudah terbentuk
Pembentukan alat kelamin mulai nampak ketika masuk fase 2 bulan. Namun mengalami penyempurnaan ketika memasuki fase 3 bulan. Pembentukan alat kelamin pada fase 3 bulan juga disertai perkembangan organ intim. Kendati demikian, jenis kelamin bayi di fase tersebut masih belum bisa diidentifikasi secara baik.

4. Janin mulai bergerak
Adanya gerakan janin juga bisa diidentifikasi di fase janin usia 3 bulan tersebut. Gerakan janin ini disebabkan beberapa syaraf dan otak mulai bisa berfungsi dan berkembang. Meskipun gerakannya belum terlalu kuat namun pada fase ini bayi sudah mulai menampakan aktivitasnya. Selain itu adanya pembentukan tulang dan otot yang mulai berkembang membuat pergerakan janin di fase 3 bulan sudah bisa diidentifikasi.

5. Janin sudah bisa belajar menghisap
Selain itu janin juga sudah mulai bisa belajar menghisap karena memiliki perkembangan jari dan kuku. Selain itu janin didalam rahim sudah mulai belajar menelan dan buang air kecil. perkembangannnya mencapai 3,5 inchi. Pada fase tersebut janin pun bisa menggeliat dan menguap didalam rahim. Pemeriksaan USG yang rutin sangat penting untuk mendeteksi perkembangan janin di trimester awal ini.

Nah, itu dia beberapa perkembangan janin di usia kehamilan 3 bulan. Semoga bermanfaat dan menambah gambaran tentang perkembangan janin di fase tersebut.

Baca juga artikel kami yang lain: Tanda-tanda janin dalam kandungan tidak berkembang.

Please follow and like us:
0