Tanda-tanda Janin Dalam Kandungan Tidak Berkembang

Tanda-tanda Janin Dalam Kandungan Tidak Berkembang

Masa Kehamilan

Tanda-tanda Janin Dalam Kandungan Tidak Berkembang – Janin mengalami perkembangan hingga sampai ke fase menjelang persalinan. Tentu saja semua orangtua mengharapkan janin yang dikandung mengalami perkembangan yang normal. Sayangnya tidak semua bisa mengalaminya karena ada pula kasus kandungan yang tidak berkembang. Janin yang tidak berkembang merupakan awal dari keguguran atau kematian dalam kandungan. Penyebab janin tidak berkembang ini juga bervariasi namun sebagian besar datang dari kekurangan suplai oksigen dan infeksi bakteri.

Penyebab janin dalam kandungan tidak berkembang bisa juga disebabkan karena kecelakaan, mal nutrisi dan penyebab lainnya. Maka dari itu selama kehamilan anda wajib peka terhadap perkembangannya. Gerakan janin dalam rahim pun mestinya anda kenali untuk mengidentifikasi kesehatan fisiknya. Janin yang berkembang tentu akan mengalami pertumbuhan sesuai dengan usia kehamilannya. Sayangnya banyak yang terlambat menyadari bahwa kandungannya tidak berkembang karena tidak tahu ciri-cirinya.

Memang tidak ada yang ingin janin yang ada di dalam kandungannya tidak berkembang, karena sebagai seorang ibu pasti ingin agar janin tersebut tumbuh dan berkembang dengan baik. Tetapi apa salahnya apbila kita mengetahui beberapa tanda-tanda janin tidak berkembang.  Berikut ini kami sampaikan beberapa tanda janin tidak berkembang yang bisa anda ketahui.

Tanda Janin Dalam Kandungan Tidak Berkembang

1. Perkembangan janin tidak sesuai usia kehamilan

Tanda bahwa janin yang ada dakam kandungan tidak berkembang yang pertama adalah bisa diidentifikasi dari pemeriksaan USG tahap awal. Hasil USG yang menampakan kelainan pada ukuran janin yang seharusnya seimbang dengan usia kehamilan bisa menjadi tanda pasti janin tidak berkembang. Biasanya pemeriksaan awal akan dilakukan sesuai usia kehamilan. Karena usia kehamilan dan fase perkembangan janin adalah dua hal yang saling berkaitan.

2. Kadar HCG rendah

Dilihat dari kadar HCG nya juga sangat rendah. Umumnya ibu hamil akan melakukan pemeriksaan kadar HCG. Dan jika hasilnya terjadi penurunan dari waktu ke waktu maka bisa dipastikan janin tidak berkembang. Biasanya pemeriksaan kadar HCG ini dilakukan dengan tes darah dan urine. Biasanya tanda awal janin tidak berkembang juga akan diperkuat dengan pemeriksaan kadar HCG.

Kadar HCG biasanya diukur dalam satuan mIU/ml atau milli international unit per milli liter. Untuk kehamilan yang normal biasanya minimal kadar HCG adalah 5mIU/ml. Apabila kurang dari angka tersebut maka bisa dipastikan tidak ada kehamilan. Kadar HCG ini akan meningkat seiring dengan perkembangan umur janin dalam kandungan. Jika ternyata kadar HCG dibawah rata-rata normal maka kemungkinan janin dalam kandungan tidak berkembang.

3. Tidak ada kenaikan tinggi fundus

Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fundus. Tinggi fundus maksudnya adalah jarak antara fundus uteri sampai simfisis pubis. Fundus berarti titik terjauh dari muara suatu organ berongga (dalam hal ini adalah rahim), simfisis berarti penyatuan dan pubis berarti sisi tengah panggul. Jika perkembangan fundus sesuai dengan usia kehamilan maka bayi tumbuh secara normal. Namun jika yang terjadi sebaliknya merupakan pertanda janin dalam kandungan tidak berkembag. Fundus biasanya diukur dari melihat bagian atas tulang kemaluan ke puncak rahim. Anda pun bisa melakukan pengecekan secara mandiri untuk mengidentifikasi kenaikan fundus.

4. Flek dan pendarahan

Adanya flek dan pendarahan selama kehamilan juga menjadi pertanda selanjutnya janin dalam kandungan tidak berkembang. Biasanya flek dan pendarahan terjadi pada fase awal kehamilan sehingga sulit dibedakan dengan tanda tidak berkembangnya janin. Namun jika jumlah flek semakin banyak disertai gejala lainnya ada baiknya ibu hamil segera memeriksakan diri ke dokter untuk hasil yang lebih pasti.

5. Tidak merasakan aktivitas didalam rahim

Penurunan aktivitas didalam rahim juga menjadi pertanda kuat janin tidak berkembang. Meskipun di awal kehamilan masih sulit diidentifikasi namun biasanya naluri ibu akan mengidentifikasi hal tersebut. biasanya juga dibarengi dengan rasa tidak nyaman pada rahim jika dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut juga bisa disebabkan karena kekurangan oksigen atau janin meninggal dalam kandungan.

Nah, itu dia beberapa tanda janin tidak berkembang dalam kandungan. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter jika mengalami salah satu dari gejala diatas. Selalu jaga kesehatan ibu agar janin didalam kandungan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Semoga bermanfaat ya.

Baca artikel kami yang lain: Ciri-ciri wanita hamil bayi kembar.

Please follow and like us: